Hingga Burung pun Menderita Akibat Tangan-Tangan Jahat Manusia

Kapitalisme

Video di bawah ini dishare oleh seorang akun fb berinisial AKM, dan ia menuliskan:

This video is about an island in the ocean at 2000 km from any other coast line.
Nobody lives, only birds and yet ……………
You will not believe your eyes!!!!!!!

This film should be seen by the entire world, please don’t throw anything into the sea. Unbelievable, just look at the consequences!!!

Setelah saya tela’ah ternyata ini adalah sebuah film dokumenter singkat yang menggambarkan penderitaan burung-burung di sebuah pulau akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh tangan-tangan jahat manusia. Video ini menggambarkan sebuah pulau di laut lepas 2000 km dari garis pantai lainnya, tidak ada yang tinggal di sana kecuali hanya burung-burung, namun betapa ironisnya,  burung-burung yang tak bersalah pun mesti menderita akibat tangan jahat manusia. Allah ‘Azza wa Jalla memperingatkan:

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

”Telah nampak kerusakan di daratan dan di lautan disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. Ar-Ruum [30]: 41)

Menafsirkan frase ayat (بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ), Imam Az-Zamakhshari menjelaskan dalam tafsirnya (hlm. 831) [1]:

بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ) بسبب معاصيهم وذنوبهم

“(disebabkan oleh perbuatan tangan-tangan manusia) yakni disebabkan oleh kemaksiatan-kemaksiatan dan dosa-dosa mereka.”

Imam az-Zamakhshari mencontohkan sebagaimana firman Allah lainnya:

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ

Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri..” (TQS. Asy-Syuuraa’ [42]: 30)

Ini menjadi peringatan, ketika kerusakan (fasaad) telah nampak akibat kemaksiatan dan dosa-dosa manusia, semoga Allah melindungi kita dari kejahatan dan keburukannya.

Kerusakan Akibat Kejahatan Manusia

Di zaman ini, tegaknya Kapitalisme pun jelas menebarkan kerusakan yang nyata, ketimpangan sosial antara si miskin dan si kaya benar-benar nyata, sindiran rich richer poor poorer (orang yang kaya semakin kaya, sedangkan orang yang miskin semakin melarat) tak terbantahkan. 

Berbeda dengan Kapitalisme dan para penguasa yang haus dunia, dikisahkan bahwa Khalifah ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz –rahimahullaah– pernah memerintahkan agar menyebarkan gandum di puncak-puncak perbukitan agar tak terucap pernyataan bahwa burung kelaparan di negeri-negeri kaum muslimin (baca: al-Khilaafah). Ia –rahimahullaah- menuturkan:

انثروا القمح على رؤوس الجبال لكي لا يقال جاع طير في بلاد المسلمين

Inilah salah satu bukti keagungan dari khalifah/ amirul mu’minin yang memerintah dengan aturan Islam. Ia tak hanya memerhatikan tanggung jawabnya atas manusia, namun binatang pun tak luput jadi perhatiannya. Semoga Allah memberikan pertolongan-Nya bagi kita menegakkan al-Khilaafah al-Islaamiyyah dan membai’at Khalifah yang menegakkan al-Islam totalitas (kaaffah) yang menjadi rahmat bagi semesta alam. 

Allah ’Azza wa Jalla berfirman:

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ

”Tidaklah Kami mengutus engkau (Muhammad) kecuali sebagai rahmat bagi seluruh alam.” (QS. Al-Anbiyâ’ [21]: 107)

Berkaitan dengan ayat di atas, asy-Syaikh Muhammad Nawawi al-Jawi menafsirkan:

أي وما أرسلناك يا أشرف الخلق بالشرائع، إلاّ رحمة للعالمين

“Yakni tidaklah Allâh mengutus dirimu wahai sebaik-baiknya makhluk ciptaan (Nabi Muhammad shallallaahu ’alayhi wa sallam) dengan membawa berbagai peraturan (syari’ah islamiyyah) melainkan merupakan rahmat bagi seluruh alam.” (Tafsîr Munîr (Tafsir Marah Labid (II/47))

Lihat lainnya: Tiada Kemuliaan Kecuali dengan Al-Islam

 

Catatan Kaki:

[1] Lihat: Abu al-Qasim Jaarullah Mahmud bin ‘Umar az-Zamakhshari(w. 538 H). 1430 H. Tafsiir al-Kasyf ‘an Haqaa’iq at-Tanziil wa ‘Uyuun al-Aqaawil fii Wujuuh at-Ta’wiil. Cet. III. Beirut: Daar al-Ma’rifah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s