Sekilas Pentingnya Aspek Syar’i dalam Pengaturan Urusan Umat (Asy-Syafi’i, -)

egypt-islamists

Dalam kitab as-Siyaasah asy-Syar’iyyah yang ditulis oleh Syaikh Ibn Taymiyyah dan ditahqiq oleh Ali bin Muhammad al-Imran, diungkapkan tentang pentingnya aspek syar’i dalam menjalankan siyasah yang dinisbatkan kepada qawl al-‘Allamah asy-Syafi’i:

لا سياسة إلا ما وافق الشرع

“Tidak ada siyaasah (politik/ pengaturan urusan kehidupan-pen.) kecuali apa yang sesuai dengan hukum syara’ (syari’at islam)” (Lihat: Ahmad bin ‘Abdul Halim bin ‘Abdus-Salam Ibn Taymiyyah. As-Siyaasah Asy-Syar’iyyah fii Ishlaahi Ar-Raa’iy war-Ra’iyyah. Muhaqqiq: Ali bin Muhammad al-Imran. Cet. I. Makkah: Dar ‘Alam al-Fawaa’id)

Ini sekaligus menunjukkan penolakan beliau -rahimahullaah- terhadap konsep sekularisme yang menafikan fungsi agama dalam pengaturan urusan kehidupan. Maka, jelas rancu jika ada yang mengaku sebagai pengikut madzhab syafi’i, namun mendukung konsep siyaasah tanpa syari’ah (sekularisme). Islam adalah Din wad Dawlah itu jelas sekali.

Secara syar’i pengertian politik dalam Islam, dijelaskan pula oleh Syaikh Prof. Dr. Muhammad Rawas Qal’ah Ji:

رعاية شؤون الامة بالداخل والخارج وفق الشريعة الاسلامية

“Pemeliharaan urusan umat baik di dalam dan luar negeri berdasarkan syari’ah Islam.” (Lihat: Syaikh Prof. Dr. Muhammad Rawwas Qal’ahji. Mu’jam Lughah al-Fuqâhâ’ (I/253))

Islam adalah Din wad Dawlah, ini sejalan dengan penjelasan para ulama atas tafsir QS. Al-Baqarah [2]: 208 yang mewajibkan kita menjalankan Islam keseluruhannya:

Penjelasan Atas Tafsir QS. Al-Baqarah [2]: 208: Berislam Totalitas:
http://irfanabunaveed.com/2013/11/11/penjelasan-para-ulama-atas-perintah-allah-untuk-ber-islam-totalitas-kajian-tafsir-syaikh-atha-bin-khalil-lainnya/)

Tanya Jawab Seputar Politik (Siyasah):
http://irfanabunaveed.com/2013/06/15/11-tanya-jawab-seputar-ulama-aktivitas-politik-kh-mushthafa-ali-murtadha-2/

2 comments on “Sekilas Pentingnya Aspek Syar’i dalam Pengaturan Urusan Umat (Asy-Syafi’i, -)

  1. Mau tanya Ustadz, apakah Syaikh Prof. Dr. Muhammad Rawwas Qal’ahji adalah syabab HT?

    Suka

  2. […] Sekilas Pentingnya Aspek Syar’i dalam Pengaturan Urusan Umat (Qawl Asy-Syafi’i, -) […]

    Suka

Tinggalkan komentar