Tanya Jawab Mengenai Hipnotis & Ilmu Sihir

Cover Buku-1

Pertanyaan

Assalamu’alaykum. Ust Irfan, bagaimana menurut antum ttg hipnotis/hipnosis? Apakah haram mempelajarix dan samakah dg sihir? Mhn penjelasan detail antum or makalah yg pernah antum tulis mengenai hipnotis… Jazakallah sblmx:)

*Inbox Akh Fulan bin Fulan

Jawaban

Wa’alaykumussalaam,wr,wb

Hipnotis? Saya belum menulis artikel tentang masalah ini, penjelasannya panjang jika sudah saya rinci masalah ini, akan diposting di website: http://irfanabunaveed.com/, semoga dimudahkan Allah.

Namun, sekilas tanggapan singkat saya sementara:

Kata hipnotis jika kita merujuk pada KBBI Online:

hipnosis /hip·no·sis/ n Dok keadaan spt tidur krn sugesti, yg pd taraf permulaan orang itu berada di bawah pengaruh orang yg memberikan sugestinya, tetapi pd taraf berikutnya menjadi tidak sadar sama sekali; menghipnosis /meng·hip·no·sis/ v melakukan hipnosis

Dan yang pernah saya temukan, ada istilah gendam dan ini termasuk upaya meng-‘hipnotis’ pihak lainnya dengan menggunakan bantuan jin, dan oleh karena itu, gendam bisa dikategorikan sebagai sihir karena menggunakan bantuan jin. Sebagaimana dituturkan oleh Syaikhanaa al-‘Aalim ‘Atha bin Khalil dalam kitab tafsirnya -ketika beliau menafsirkan QS. Al-Baqarah [2]: 102- bahwa diantara ciri sihir adalah menggunakan bantuan jin/syaithan. Maka jika hipnotis tersebut menggunakan bantuan jin/syaithan itu sudah cukup menjadikannya sbg bagian dari sihir.

Adapun hukum mempelajari ilmu sihir -secara umum-, jumhur ulama mengharamkannya secara mutlak meskipun tidak dipraktikkan, karena ilmu sihir bisa menyebabkan kepada kekufuran, sebagaimana disebutkan Syaikh Prof. Muhammad ‘Ali Ash-Shabuni dlm tafsir Rawaa’i al-Bayaan ktk beliau menjelaskan tafsir QS. al-Baqarah [2]: 102. Asy-Syaikh Prof. Muhammad Ali Ash-Shabuni mengatakan: “Mayoritas ulama berpendapat haram hukumnya mempelajari ilmu sihir dan mengajarkannya kepada orang lain, karena al-Qur’ân menyebutkan ilmu sihir ini dalam rangka mencela dan menjelaskan bahwa sihir itu kufur.”

Lengkapnya, al-Shabuni memaparkan dalam kitab Rawai’ al-Bayân, Juz. I, Hal. 83-84:

وذهب الجمهور إلى حرمة تعلم السحر، أوتعليمه لأن القران الكريم قد ذكره في معرض الذم. وبين أنه كفر فكيف يكون حلالا؟ كما أن الرسول عليه الصلاة والسلام عدّه من الكبائر الموبقات كما في الحديث الصحيح وهو قوله صلوات الله عليه: اجْتَنِبُوُا السَّبْعَ الْمُوْبِقَاتِ, قُلْنَا: وَمَا هُنّ يَا رَسُوْل اللهِ؟ قَالَ: الشِّرْكُ بِاللهِ وَالسِّحْرُ وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِيْ حَرَّمَ اللهُ إِلَّا بِالحْقِّ وَأَكْلَ الرِّبَا وَأَكْلَ مَالِ الْيَتِيْمِ وَالتَّوَلَّي يَوْمَ الزَّحْفِ وَقذف الْمُحْصَنَاتِ الْمُؤْمِنَاتَ الْغَافِلَاتِ

Wallaahu a’lam.

Ada pula yg memperbolehkan mempelajari ilmu sihir semisal Imam Fakhruddin ar-Raazi, namun dikoreksi oleh Al-Hafizh ibn Katsiir. Adapun mengamalkan sihir, maka jelas Islam MENGECAM KERAS.

Dan yang menjadi masalah besar adalah bahwa negeri ini diatur oleh SISTEM KUFUR DEMOKRASI, sehingga perdukunan, tukang sihir bisa bebas membuka tempat praktik. Wal ‘iyaadzu billaah, jelas nyata kita butuh solusi Al-Islaam yang diterapkan secara kaaffah dalam naungan AL-KHILAAFAH AL-ISLAAMIYYAH.

Perincian ttg definisi sihir, perincian jenis-jenisnya dan hukum-hukum terkait, berikut gambaran solusi Al-Islam, itu semua banyak saya ulas di buku Jin dan Dukun yang saya susun, resume buku: (LINK)

Link lainnya: Download Makalah-Makalah Tentang Alam Jin, Sihir & Ruqyah Syar’iyyah Plus Solusi Ideologis

One comment on “Tanya Jawab Mengenai Hipnotis & Ilmu Sihir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s