Baca dan Pelajari Kitab Tafsir Guru Kita Al-‘Alim Asy-Syaikh ‘Atha bin Khalil Abu Ar-Rasytah

Kajian Rutin

Luar biasa Al-Qur’an Al-Kariim, ia merupakan mukjizat. Benar apa yang disampaikan salah seorang Dosen Tafsir di tempat saya bekerja ketika kami berdiskusi tentang ilmu balaghah dan tafsir al-Qur’an, beliau Syaikh Hisyam asy-Syansyawri al-Mishri menuturkan:

لكل حرف من حروف القرآن فيه أسرار

“Setiap huruf dari huruf-huruf Al-Qur’an mengandung pelbagai rahasia (kandungan makna).”

Dan setidaknya, kesaksian seorang kafir Quraysi Al-Walid bin Al-Mughiirah di hadapan orang-orang setelah ia mendengarkan bacaan Al-Qur’an Nabi Muhammad SAW adalah salah satu buktinya:

والله ما منكم رجل أعرف بالأشعار مني ولا أعلم برجزه وقصيده مني والله ما يشبه الذي يقوله شيئًا من هذا، والله إن لقوله الذي يقوله لحلاوة وإن عليه لطلاوة

“Demi Allah, tidak ada seorang pun di antara kalian (Bangsa Quraysi) yang lebih mengenal sya’ir-sya’ir dariku, dan tidak ada pula yang lebih mengetahui rajaz dan qashid-nya selain diriku, Demi Allah tidak ada satupun dari apa yang dibaca Muhammad menyerupai ini semua, Demi Allah sesungguhnya ungkapan yang disampaikannya sangat manis dan apa yang dituturkannya sangat indah.” (Lihat: Asy-Syakhshiyyah Al-Islaamiyyah (Al-Juz Al-Awwal), Imam Taqiyuddin An-Nabhani – Dar al-Ummah: Beirut – Cet. Ke-6: 1424 H)

Padahal Al-Walid bin Al-Mughirah adalah orang yang tidak beriman dan keras pada kekafirannya. I’jaz al-Qur’an itu terdapat dalam al-Qur’an itu sendiri. Orang yang telah mendengarkan Al-Qur’an, dan mendengarnya hingga hari kiamat akan terus merasa kagum dengan kekuatan daya tarik dan balaghah-nya, walaupun hanya sekedar mendengar satu kalimat saja dari al-Qur’an.

Al-‘Allamah Asy-Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani:

وتحدى رسول الله -صلى الله عليه وسلم- العرب بالقرآن، وقد نزل بلسانهم، وهم أرباب الفصاحة والبيان، فعجزوا عن أن يأتوا بمثله، أو بعشر سور مثله، أو بسورة من مثله، فثبت له الإعجاز، وبإعجازه ثبتت الرسالة

“Rasulullah SAW menantang bangsa arab (khususnya, dan umat manusia seluruhnya pada umumnya-pen.) dengan al-Qur’an, dan al-Qur’an ini diturunkan dengan bahasa mereka (bahasa arab), dan di sisi lain mereka adalah rajanya kefasihan dan ilmu bayan, namun mereka semuanya merasa tidak mampu untuk mendatangkan yang serupa dengan al-Qur’an, atau sepuluh surat semisalnya, atau satu surat yang semisalnya, maka terbuktilah kemukjizatannya, dan dengan kemukjizatan ini maka terbuktilah kebenaran risalahnya.” (Lihat: Asy-Syakhshiyyah Al-Islaamiyyah (Al-Juz Al-Awwal), Imam Taqiyuddin An-Nabhani – Dar al-Ummah: Beirut – Cet. Ke-6: 1424 H)

Saya pun kagum dengan penjelasan guru kita Al-‘Alim Asy-Syaikh ‘Atha bin Khalil dalam kitab tafsirnya (kesimpulan saya atas kajian tafsir beliau, At-Taysiir fii Ushuul At-Tafsiir).

Satu contoh, coba baca penjelasan beliau atas QS. Al-Baqarah [2]: 208, tentang makna as-silm (السلم) dan makna kaaffah (كافّة). Dari penjelasan tafsir atas dua kata ini saja begitu banyak faidah yang bisa kita raih, bi fadhlillaahi ta’aalaa.

Resensi & Unduh Kitab Ini:

Mengenal Kitab At-Taysîr fî Ushûl At-Tafsîr – Asy-Syaikh Al-’Alim ‘Atha bin Khalil (Plus Download)

Terjemah Kitab Ini:

Ada sejumlah saudara-saudara akun fb yang bertanya kepada saya, diantaranya:

“Sy jd teringat kl beberapa waktu lalu antum mengadakan kajian tafsir. kl boleh tadz, sy pengen minta filex, apakah dlm bentuk makalah atau power point, untuk sy pelajari dan bisa sy sebarkan di papua. maklum, kondisi yg ada membuat sy kesulitan untuk belajar langsung.. aamiin yaa Rabb..”

Jawab:

Alhamdulillaah

Bi fadhlillaahi ta’aalaa, ya itu kajian tafsir guru kita, Syaikh ‘Atha bin Khalil. Ana berniat dan sudah mulai menulis terjemah berikut kajian penjelasannya atas kitab tafsir ini terlebih belum ada kitab terjemahnya, padahal luar biasa ana menemukan banyak sekali faidah dari kitab ini, terutama berkaitan dengan fikrah dakwah ideologis, dengan pendekatan dalil-dalil al-Qur’an al-Kariim.

Semoga saja sempat saya terjemahkan untuk dipersembahkan kepada kaum muslimin mengharapkan keridhaan Allah ‘Azza wa Jalla. Atau ada syabab lainnya yang sudah menerjemahkan? Atau sedang dalam proses penerjemahan? Kabari saya di sini: irfanabunaveed@ymail.com atau via akun fb saya

Ini salah satu penjelasan singkatnya:

Nasihat Asy-Syaikh ‘Atha bin Khalil Atas Pentingnya Iman Terhadap Akhirat (Kajian Tafsir Syaikh ‘Atha)

Video-video kajian kitab tafsir ini (oleh para syaikh di Mesir) bisa dilihat dan diunduh di sini:
Kajian Tafsir Syaikh ‘Atha bin Khalil

Memahami tafsir al-Qur’an ini merupakan tambahan penguat amunisi dakwah kita, berbicara dengan ilmu, menjelaskan ayat-ayat-Nya yang agung pun wajib dengan ilmu.

Dalam kitab Tuhfatul Ahwadzi bi Syarh Jaami’ al-Tirmidzi diriwayatkan sebuah hadits (no. 4022): “Dari Ibn ‘Abbas, ia berkata: Rasulullaah SAW bersabda:

مَنْ قالَ فِي الْقُرْآنِ بِغَيْرِ عِلْمٍ فَلْيَتَبَوّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النّارِ

“Barangsiapa berbicara tentang Al-Qur’an tanpa ilmu, maka bersiap-siaplah mengambil tempatnya di neraka.” (HR. al-Tirmidzi, Ahmad, al-Nasa’i & Ibn Jarir. Abu Isa berkata: “Hadits ini hasan shahih”)

Makna “Maka bersiap-siaplah mengambil tempat kediamannya di neraka”? Imam Abu al-A’la al-Mubarakfuri menjelaskan:

“فليتبوأ مقعده من النار” أي ليهييء مكانه من النار قيل الأمر للتهديد والوعيد، وقيل الأمر بمعنى الخبر

“Maka bersiap-siaplah mengambil tempat kediamannya di neraka” yakni bersiap-siaplah menduduki tempatnya kelak di neraka. Dikatakan pula bahwa lafazh perintah ini bermakna peringatan keras dan kecaman, dan dikatakan pula bahwa maknanya adalah khabar.”

يا الله… سبحانك لا علم لنا إلا ما علمتَنا إنك أنت العليم الحكيم…

One comment on “Baca dan Pelajari Kitab Tafsir Guru Kita Al-‘Alim Asy-Syaikh ‘Atha bin Khalil Abu Ar-Rasytah

  1. […] Baca dan Pelajari Kitab Tafsir Guru Kita Al-’Alim Asy-Syaikh ‘Atha bin Khalil Abu Ar-Rasytah […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s